Contoh surat keterangan kerja merupakan salah satu dokumen yang sering dibutuhkan karyawan. Memiliki contoh dokumen dapat membantu mereka memberikan informasi yang benar terkait dengan pengalaman kerja. Akan ada data yang dimasukkan mengenai posisi dan status pekerjaan seseorang di perusahaan.

Sertifikat bukti kerja untuk karyawan

Penggunaan surat keterangan kerja karyawan cukup beragam. Secara umum ada 4 tujuan pembuatan Sertifikat Bisnis, yaitu:

Melamar pekerjaan di perusahaan lain

Pekerjaan pertama yang menggunakan Formulir Sertifikat Ketenagakerjaan merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan pekerjaan baru. Adanya dokumen ini merupakan bukti pengalaman kerja orang tersebut. Dengan kehadiran mereka, perusahaan dapat memverifikasi keakuratan pengalaman kerja seseorang.

Memenuhi persyaratan dokumen perbankan

Lembaga perbankan di Indonesia seringkali mewajibkan nasabahnya melampirkan surat keterangan kerja. Persyaratan ini diperlukan bila klien bertempat tinggal di wilayah yang berbeda dengan data KTP atau berstatus imigran. Kondisi ini kerap dijumpai saat pekerja ingin mengajukan pinjaman tanpa jaminan (KTA), kredit pemilikan rumah (KPR), atau kredit mobil (KKB).

Ajukan permohonan beasiswa

Seringkali proses aplikasi hibah disertai dengan kebutuhan untuk melampirkan surat keterangan kerja. Persyaratan ini harus dipenuhi khususnya oleh pelamar beasiswa yang memiliki latar belakang sebagai tenaga kerja, baik dari BUMN maupun dari pihak swasta.

Penarikan dana BPJS Ketenagakerjaan

Surat keterangan kerja juga diperlukan saat Anda ingin mencairkan uang Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan. Jika Anda masih aktif beroperasi, dana bisa dicairkan sebanyak 10% atau 30%. Untuk karyawan yang berhenti bekerja karena suatu alasan, pertukaran dapat dilakukan pada 100%.

Cara membuat sertifikat bisnis

Saat menyusun surat ini, Anda dapat mempelajari banyak contoh surat keterangan kerja dengan berbagai latar belakang karyawan. Hanya saja, tidak semua contoh ini memiliki struktur yang sesuai. Saat menyusun sertifikat bisnis, format penulisan harus jelas.

Ada beberapa bagian yang tidak dapat dihapus dari surat keterangan kerja, yaitu:

Kepala sekolah

Header surat merupakan indikasi bahwa keterangan tersebut dikeluarkan oleh lembaga yang jelas. Pada bagian ini, Anda dapat menemukan data berupa nama perusahaan, alamat dan nomor telepon.

Judul

Bagian selanjutnya adalah judul pesan. Di sini, sebutkan dengan jelas judul surat keterangan kerja yang diberikan oleh perusahaan. Selain itu, bagian ini juga mencantumkan nomor surat dan topik tertulis sesuai dengan aturan administrasi perusahaan.

isi pesan

Isi surat keterangan kerja harus bisa menjelaskan dengan jelas informasi tentang CV karyawan. Selain itu, isi surat harus disertai data terkait pekerjaan terakhir dan masa kerja karyawan. Selain itu, bagian ini juga dapat mencakup evaluasi supervisor atau petugas operator atas kinerja karyawan.

Bagian terakhir adalah penutup yang menuliskan tanggal penulisan disertai dengan tanda tangan dan nama penulis.

Contoh Surat Keterangan Kerja

Biar Anda bisa memahami cara membuat surat keterangan kerja dengan lebih jelas, berikut ini contohnya:

PT Santoso Karya Makmur

Jl. Soekarno-Hatta No. 45 Bandung. Telp (022) 3408276

SURAT KETERANGAN KERJA

No: 122/SPL-KM/V-2020

Perihal : Surat Pengalaman Kerja

Kepada, pihak yang berkepentingan. Kami dari PT Santoso Karya Makmur menyatakan bahwa:

Nama : M. Wahyudi

Alamat : Jl. Pasir Kaliki No. 209, Bandung

Jabatan : Supervisor

Sebenar-benarnya termasuk sebagai salah satu karyawan perusahaan kami dalam kurun waktu antara 07 Februari 2015 – 8 September 2019. Semasa kerja, Saudara M. Wahyudi memberikan kontribusi yang besar bagi perusahaan dan tidak pernah melakukan tindakan yang merugikan perusahaan.

Kami sebagai perwakilan dari PT Santoso Karya Makmur mengucapkan terima kasih atas kerja keras serta kerjasama Saudara M. Wahyudi selama berstatus karyawan. Semoga di masa depan, Saudara M. Wahyudi bisa memperoleh karier yang gemilang.

Bandung, 17 November 2019

Kepala HRD PT Santosa Karya Makmur

Nur Indriyani Nugroho

Demikianlah panduan cara membuat surat keterangan kerja disertai contohnya. Semoga panduan dan contoh surat keterangan kerja tersebut bisa membantu, ya. Semoga bermanfaat.